Akibat Virus Corona dan Bertentangan Dengan Maklumat Kapolri, Tournament Walikota Cup III di Lapangan Merdeka Ditunda

rizki, 23 Mar 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

SOLOK KOTA – Akibat virus Corona, Walikota Cup III Kota Solok yang telah berlangsung satu pekan ini, dihentikan dan ditunda pelaksanaannya.

Sebelumnya tournamen sepak bola Walikota Cup III antar kelurahan se Kota Solok itu dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Solok Reinier,ST,MM, bertempat di Lapangan Merdeka Kota Solok, Sabtu, 14 Maret 2020.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok Drs.Dodi Osmond,M.Si kepada INDONESIASATU membenarkan bahwa ajang kompetisi olahraga sepakbola yang sebelumnya dijadwalkan hingga 28 Maret 2020 itu, mulai Senin (23/3) resmi dihentikan dan ditunda pelaksanaannya hingga waktu yang tidak ditentukan, kondisi kembali membaik dan kondusif dari ancaman Coronavirus.

Secara terpisah Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi,S.IK menyatakan sesuai maklumat Kapolri tertanggal 19 Maret 2020 yang diterimanya Sabtu (21/3), pihaknya bersama jajaran langsung turun mensosialisasikan isi maklumat itu.

Salah satunya pada poin 2 huruf a, bahwa untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat Kapolri mengeluarkan maklumat untuk tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak, baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri,

Kapolres mengaku akan terus melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat dengan mengerahkan jajarannya terutama Bhabinkamtibmas dan Petugas Lantas terutama unit Dikyasa (pendidikan dan rekayasa) lalu lintas.

“Sabtu ketika kita terima file maklumat itu, langsung kita cetak sebanyak-banyaknya dalam bentuk stiker, selebaran, baliho dan spanduk lalu kita pasang di area strategis di setiap sudut kota dan daerah wilayah hukum kita, serta di ruang pelayanan publik, di lingkungan kantor Polres maupun Polsek, di ATM dan tempat-tempat lainnya yang sering dikunjungi masyarakat. Selain itu, Kita menugaskan Bhabinkamtibmas di nagari-nagari untuk mensosialisasikan dan membacakan isi maklumat itu kepada masyarakat. Begitupun petugas Dikyasa Sat Lantas, mensosialisasikan kepada pengendara dan pengguna jalan,” terang Ferry.

Dikatakan AKBP Ferry Suwandi, untuk saat ini, penekanan yang akan dilakukan di wilayah hukumnya terkait kegiatan yang berpotensi pengumpulan massa selain kegiatan olahraga adalah kegiatan hiburan seperti yang ada saat ini pasar malam.

“Kita tetap akan patuh dengan maklumat itu dan berupaya melaksanakan dengan sebaik-baiknya, karena memang menghadapi virus Corona ini harus serius dan hati-hati, karena yang kita hadapi ini tidah kasat mata. Apalagi juga dengan sudah keluarnya Keppres (Keputusan Presiden) No. 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Kita harus bergerak bersama untuk melindungi masyarakat dari ancaman ini,” pungkasnya.

Bagi yang melanggar, menurut Kapolres, pihaknya akan melakukan pendekatan dengan langkah pertama memberi himbauan untuk mencegah dan menghentikannya, namun jika tidak diindahkan, ia mengaku akan melakukan tindakan kepolisian terarah dan terukur.  (Amel)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu